Gedung Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jalan Poncol Raya Nomor 39 Ciracas Jakarta Timur. (Dok: POKROL.com)

Jakarta, POKROL.com – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) merupakan unit setingkat eselon dua berada di bawah BPSDM Kementerian ESDM yang berada di Ciracas, Jakarta Timur. Unit ini merupakan tempat Pelatihan dan Sertifikasi bidang Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi. Demikian pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM KEBTKE yang diwakili oleh Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari, S.T., M.B.A.,  pada acara Media Gathering PPSDM KEBTKE di Wisma Energi, Cisarua, Jawa Barat pada Jumat, 28 Oktober 2022.

Dengan adanya kegiatan media gathering ini diharapkan dapat mensosialisasikan tugas dan fungsi PPSDM KEBTKE kepada media massa dan masyarakat luas dalam melaksanakan penyelenggaraan diklat, sertifikasi, bimbingan teknis dan inhouse training, konsultasi dan audit energi  terkait dengan ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan, dan konservasi energi. 

Kegiatan Media Gathering PPSDM KEBTKE di Wisma Energi, Cisarua, Jawa Barat pada Jumat, 28 Oktober 2022. (Dok: Dok: PPSDM KEBTKE)

PPSDM KEBTKE melayani penyelenggaraan diklat berbasis kompetensi, sertifikasi kompetensi, bimbingan teknis dan inhouse training, konsultasi dan audit energi pada bangunan gedung dan industri, serta pemanfaatan fasilitas PPSDM KEBTKE. 

PPSDM KEBTKE memiliki visi misi sebagai berikut:

Visi: menjadi badan layanan umum terpadu yang unggul dan mampu mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten, berdaya saing, dan bermoral dalam lingkungan global di bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan, dan konservasi energi. 

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, dan uji kompetensi secara terpadu berbasis kompetensi sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan tersertifikasi; 
  2. Mengembangkan Badan Layanan Umum (BLU) yang unggul (Your Future Energy Partner), yang mendapatkan pengakuan dalam lingkup nasional dan internasional yang berdaya saing serta mampu memberikan dampak positif terhadap pengguna (impact to users); 
  3. Mewujudkan perangkat kediklatan meliputi norma, standar, prosedur, dan kriteria pelaksanaan kediklatan yang berbasis kompetensi dalam kerangka perwujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance); 
  4. Mengembangkan diversifikasi pendapatan negara Bukan Pajak; serta 
  5. Mengembangkan iklim pengelolaan kediklatan yang transparan, efektif, dan efisien.

Pelatihan teknis unggulan PPSDM KEBTKE dapat dibagi dalam tiga sub sektor, yaitu: sub sektor konservasi energi, sub sektor ketenagalistrikan, serta sub sektor energi baru dan terbarukan, yaitu:

  1. Pada sub sektor konservasi energi terdapat pelatihan teknis dasar-dasar konservasi energi, pelatihan energi, kiat-kiat konservasi energi, penerapan Sistem Manajemen Energi (ISO: 50001), auditor energi di Industri dan bangunan gedung, dan manajemen energi  pada indsutri dan bangunan gedung;
  2. Pada sub sektor ketenagalistrikan yaitu instalasi pemanfaatan tenaga listrik tegangan rendah/ menengah dan tinggi, pemasangan/ pengoperasian/ pemeliharaan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya, Keselamatan Ketenagalistrikan (K2), Perencanaan Pengoperasian Pemeliharan PLTU Batubara, Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Perencanaan/ Pengoperasian/ Pemeliharaan PLTD, Mekanikal dan Instrument Pembangkit, Mekanikal dan Instrumen Pembangkit, dan Inspeksi Sistem Tenaga Listrik. 
  3. Pada sub sektor energi baru dan terbarukan, POP, POM, POU Panas Bumi, ahli geokimia panas bumi, ahli geofisika panas bumi, bioenergi, battery storage, penyusunan FS, perencanaan, pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan PLTB, PLTMH, PLTS Terpusat, Komunal, dan Rooftop

Peserta pelatihan yang diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE ini terdiri dari komponen masyarakat, ASN, dan Industri. Pelatihan mencakup tiga sub sektor yaitu ketenagalistrikan, energi baru terbarukan, dan konservasi energi. 

Sepanjang tahun 2019 hingga tahun 2022 PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM telah luluskan lebih dari 20.000 alumni pelatihan dan sertifikasi di bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi. Alumni ini terdiri dari 11.063 peserta lulusan pelatihan dan 15.407 peserta sertifikasi. 

Pada kurun tahun 2022, PPSDM KEBTKE telah melatih sebanyak 197 peserta berasal dari masyarakat, 1.120 peserta berasal dari ASN, dan 1.560 dari sektor industri (data per September 2022). Pada tahun 2022 ini juga, PPSDM KEBTKE melaksanakan latihan dasar kependidikan CPNS (Latsar CPNS) yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi melatih sebanyak 1.480 peserta yang terdiri dari 37 angkatan. Peserta ini merupakan calon tenaga pengajar yang berasal dari 21 universitas/perguruan tinggi negeri Indonesia dari barat hingga timur Indonesia. (Gsa)


Baca Juga:

Pokrol

Pokrol

POKROL.com

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.