Kegiatan Media Gathering PPSDM KEBTKE di Wisma Energi, Cisarua, Jawa Barat pada Jumat, 28 Oktober 2022. (Dok: PPSDM KEBTKE). (Dok: POKROL.com)


Jakarta, POKROL.com - Sepanjang tahun 2019 hingga tahun 2022 PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM telah luluskan lebih dari 20.000 alumni pelatihan dan sertifikasi di bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi. Alumni ini terdiri dari 11.063 peserta lulusan pelatihan dan 15.407 peserta sertifikasi. Demikian disampaikan oleh Koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan SDM Elin Lindiasari, S.T., M.B.A., pada kegiatan Media Gathering PPSDM KEBTKE di Wisma Energi, Cisarua, Jawa Barat pada Jumat, 28 Oktober 2022.

Elin Lindiasari mengatakan, peserta pelatihan yang diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE ini terdiri dari komponen masyarakat, ASN, dan Industri. Pelatihan mencakup tiga sub sektor yaitu ketenagalistrikan, energi baru terbarukan, dan konservasi energi. 

Sepanjang 2022, PPSDM KEBTKE telah melatih sebanyak 197 peserta berasal dari masyarakat, 1.120 peserta berasal dari ASN, dan 1.560 dari sektor industri (data per September 2022). Pada tahun 2022 ini juga, PPSDM KEBTKE melaksanakan latihan dasar kependidikan CPNS (Latsar CPNS) yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi melatih sebanyak 1.480 peserta yang terdiri dari 37 angkatan. Peserta ini merupakan calon tenaga pengajar yang berasal dari 21 universitas/perguruan tinggi negeri Indonesia dari barat hingga timur Indonesia, imbuh Elin.

Dalam layanan sertifikasi tersebut, PPSDM KEBTKE melayani bidang transmisi tenaga listrik, bidang pembangkitan tenaga listrik, bidang distribusi tenaga listrik, serta pemanfaatan tenaga listrik. Di dalamnya termasuk pengoperasian pembangkit listrik tenaga diesel, tenaga uap, tenaga gas, tenaga gas dan uap, panas bumi, tenaga air, tenaga mikro hidro, tenaga diesel, dan tenaga energi baru terbarukan. 

Kegiatan Media Gathering PPSDM KEBTKE di Wisma Energi, Cisarua, Jawa Barat pada Jumat, 28 Oktober 2022. (Dok: PPSDM KEBTKE)

Pelatihan teknis unggulan PPSDM KEBTKE dapat dibagi dalam tiga sub sektor, yaitu: sub sektor konservasi energi, sub sektor ketenagalistrikan, serta sub sektor energi baru dan terbarukan, yaitu:

  1. Pada sub sektor konservasi energi terdapat pelatihan teknis dasar-dasar konservasi energi, pelatihan energi, kiat-kiat konservasi energi, penerapan Sistem Manajemen Energi (ISO: 50001), auditor energi di Industri dan bangunan gedung, dan manajemen energi  pada indsutri dan bangunan gedung;
  2. Pada sub sektor ketenagalistrikan yaitu instalasi pemanfaatan tenaga listrik tegangan rendah/ menengah dan tinggi, pemasangan/ pengoperasian/ pemeliharaan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya, Keselamatan Ketenagalistrikan (K2), Perencanaan Pengoperasian Pemeliharan PLTU Batubara, Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Perencanaan/ Pengoperasian/ Pemeliharaan PLTD, Mekanikal dan Instrument Pembangkit, Mekanikal dan Instrumen Pembangkit, dan Inspeksi Sistem Tenaga Listrik;
  3. Pada sub sektor energi baru dan terbarukan, POP, POM, POU Panas Bumi, ahli geokimia panas bumi, ahli geofisika panas bumi, bioenergi, battery storage, penyusunan FS, perencanaan, pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan PLTB, PLTMH, PLTS Terpusat, Komunal, dan Rooftop

PPSDM KEBTKE juga melayani penyelenggaraan diklat berbasis kompetensi, sertifikasi kompetensi, bimbingan teknis dan inhouse training, konsultasi dan audit energi pada bangunan gedung dan industri, serta pemanfaatan fasilitas PPSDM KEBTKE. (Gsa)


Baca Juga:

PPSDM KEBTKE Dukung Konservasi Energi Dengan Pelaksanaan Audit Penggunaan Energi Dan Pelatihan Tenaga Kompeten

PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM, Tempat Pelatihan Dan Sertifikasi Bidang Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, Dan Konservasi Energi


Pokrol

Pokrol

POKROL.com

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.