Pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk menutup sementara perbatasan antar negara mulai 1 Januari 2021 untuk mencegah masuknya warga negara asing

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan keterangan pers, Senin 28 Desember 2020.

POKROL - Pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk menutup sementara perbatasan antar negara mulai 1 Januari 2021, untuk mencegah masuknya warga negara asing mengingat penyebaran virus corona jenis baru yang masif di beberapa belahan dunia. "[Kami] menutup sementara perbatasan Indonesia, mulai 1 hingga 14 Januari 2021, untuk warga negara asing dari semua negara," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers, Senin 28 Desember 2020.

Keputusan tersebut dibuat setelah rapat kabinet terbatas pada hari yang sama, dan akan disahkan secara resmi kemudian melalui surat edaran baru dari satuan tugas COVID-19.

Namun, pejabat tinggi asing dan perwakilan (menteri atau di atasnya) dari luar negeri yang akan melakukan kunjungan resmi ke Indonesia dekecualikan dari regulasi, dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat selama kunjungan resmi.

Warga negara asing yang tiba di Indonesia hingga 31 Desember 2020 dapat diizinkan masuk ke Indonesia jika menunjukkan hasil negatif pada tes PCR dari tempat asalnya. Dengan syarat tes tersebut harus sudah dikeluarkan maksimal 48 jam sebelum keberangkatan. Pengunjung juga harus mengikuti tes PCR tambahan pada saat kedatangan.

Setelah tes, mereka akan diminta untuk menjalani isolasi selama lima hari dan menjalani tes PCR lagi nanti, kata Marsudi.

“Jika hasilnya negatif semua, maka pengunjung diperbolehkan melanjutkan perjalanan,” tambahnya.

Semua warga negara Indonesia yang ingin bepergian ke luar negeri akan diminta untuk mengambil langkah serupa untuk memastikan kesehatan dan keselamatan semua orang, katanya. (Ant)


Terkait:

879 Personel Polda Sumbar Terpapar COVID-19

Doni Monardo Mengutuk Skandal Seks Gay Di Rumah Sakit Wisma Atlet COVID-19 Jakarta

Indonesia Siapkan 370 Juta Dosis Vaksin Covid Pada Tahun 2022

Pokrol

Pokrol

Pokrol Indonesia

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.