Page Nav

HIDE

Post Snippets

FALSE
HIDE_BLOG
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pemungutan Suara di Kota New York Dilaksanakan 10 Februari

  Ilustrasi Pemilu 2024. POKROL, Jakarta - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kota New York menginformasikan bahwa 2.532 dari 11.141 pemi...

 

Ilustrasi Pemilu 2024.

POKROL, Jakarta - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kota New York menginformasikan bahwa 2.532 dari 11.141 pemilih berhak yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan memberikan suaranya di TPS pada 10 Februari 2024.

"Tanggal 10 Februari dipilih menjadi hari pemungutan suara karena hari Sabtu. Mudah-mudahan lebih banyak pemilih yang berhak datang ke TPS (hari itu)," kata Juru Bicara PPLN-New York, Hendra Parley.

TPS tersebut hanya akan didirikan di New York karena mayoritas pemilih yang dijadwalkan untuk memberikan suaranya bertempat tinggal di kota tersebut, katanya, seraya menambahkan bahwa PPLN-New York melayani pemilih terdaftar di 13 negara bagian.

Negara bagian tersebut adalah Connecticut, Delaware, Maine, Massachusetts, New Hampshire, New Jersey, New York, North Carolina, Pennsylvania, Rhode Island, South Carolina, Vermont, dan West Virginia.

Oleh karena itu, PPLN-New York menawarkan dua opsi pemungutan suara lain kepada pemilih. Sebanyak 6.647 pemilih akan memberikan suaranya melalui layanan pos dan 1.962 lainnya melalui kotak suara keliling, ujarnya.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan pada 2 Juli 2023, sekitar 1.750.474 pemilih yang tinggal di luar negeri akan memberikan suaranya pada Pemilu 2024.

Mereka akan dilayani oleh 128 PPLN dan akan memberikan suaranya di 828 TPS melalui 1.580 kotak suara keliling dan 651 layanan pos.

KPU juga mengumumkan pemilihan presiden dan parlemen akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada 14 Februari.

KPU resmi menetapkan masa kampanye pemilu tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden selama 75 hari mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Semua partai politik yang berpartisipasi dan calon presiden telah berjanji untuk menyelenggarakan pemilihan presiden dan parlemen secara damai.

Sebagai bagian dari upaya menyadarkan pemilih akan janji politik ketiga pasangan calon, KPU memutuskan untuk menyelenggarakan lima putaran debat menjelang pemilihan presiden.

Putaran pertama dan kedua dilaksanakan pada 12 Desember dan 22 Desember 2023. Putaran ketiga dilaksanakan pada 7 Januari 2024, sedangkan putaran keempat dan kelima masing-masing dilaksanakan pada 21 Januari dan 4 Februari 2024.

Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan bertarung di Pilpres adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diusung Partai Gerindra dan partai koalisi antara lain Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, dan Partai Gelora.

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD diusung dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan, Partai Perindo, dan Partai Hanura.


Temukan berita dan konten POKROL lainnya di Google News.

Tidak ada komentar

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.