Page Nav

HIDE

Post Snippets

FALSE
HIDE_BLOG
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Presiden: Anggota TNI harus miliki kepekaan ancaman krisis pangan

  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers usai memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional (TNI) ke-78 di...

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers usai memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional (TNI) ke-78 di Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Kamis 5 Oktober 2023.

POKROL, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada seluruh prajurit TNI untuk memiliki kepekaan terhadap krisis pangan global yang berdampak pada stabilitas bangsa dan negara.

"Saya minta seluruh anggota TNI mempunyai naluri, kesadaran, dan kepekaan terkait persoalan pangan ini karena sangat menentukan stabilitas bangsa," kata Jokowi saat menghadiri acara peringatan HUT TNI ke-78 di Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Kamis 5 Oktober 2023 .

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengingatkan, krisis pangan menjadi perhatian semua negara. Setidaknya 22 negara telah membatasi ekspor pangannya untuk menjaga stok pangan di dalam negeri.

Krisis pangan yang terjadi secara global saat ini disebabkan oleh dampak perubahan iklim dan terganggunya rantai pasokan global akibat ketidakstabilan geopolitik, ungkapnya.

"Saya ingin menyoroti krisis yang sedang terjadi di dunia, khususnya krisis pangan akibat perubahan iklim dan terganggunya rantai pasokan global," lanjut Presiden.

Pada upacara HUT TNI ke-78 di Monas, Jakarta, Presiden Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara. Ia pun menaiki tank untuk memeriksa barisan pasukan upacara.

Peringatan HUT TNI tahun ini mengangkat tema “TNI, Pahlawan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Penjaga Demokrasi untuk Indonesia Maju.”

Tema tersebut menekankan bahwa TNI yang mempunyai tiga cabang yaitu Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara merupakan komponen utama pertahanan negara.

Melalui tema tersebut, TNI menegaskan komitmennya untuk tetap solid, kokoh, dan setia kepada NKRI serta akan terus mengawal demokrasi dengan bersinergi dengan seluruh komponen bangsa.

Dalam upacara HUT TNI tersebut, beberapa atraksi udara diperagakan, antara lain aksi terjun payung oleh 78 prajurit dan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), serta latihan manuver pesawat oleh Tim Jupiter Aerobatic (JAT) TNI AU.

Tidak ada komentar

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.