Page Nav

HIDE

Post Snippets

FALSE
HIDE_BLOG
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Jokowi: Indonesia bersedia menjembatani upaya perdamaian Ukraina-Rusia

  Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Hotel Grand Prince,...

 

Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, pada Minggu, 21 Mei 2023. (Foto: BPMI Setpres)

POKROL.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dukungannya terhadap upaya perdamaian di Ukraina dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, di sela-sela KTT Kelompok Tujuh (G7) di Hiroshima, Jepang.

Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dan mitra yang digelar di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, pada Minggu, 21 Mei 2023.

Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia juga siap menjadi jembatan perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

"Presiden Zelenksyy, saya telah mengikuti situasi di Ukraina. Belasungkawa saya kepada para korban yang terus berjatuhan," kata Presiden Jokowi, menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Zelenskyy mengapresiasi peran Indonesia dalam mengupayakan penyelesaian damai di Ukraina.

Ia menambahkan, masih ingat momen kunjungan Presiden Jokowi ke Kyiv tahun lalu, menjadi pemimpin Asia pertama yang mengunjungi Ukraina sejak invasi.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin juga membahas pentingnya rantai pasok pangan dunia, yang juga pernah dibahas saat Jokowi berkunjung ke Kyiv tahun lalu. Presiden Jokowi menyampaikan dukungannya terhadap perpanjangan kesepakatan butir Laut Hitam.

"Saya menyambut baik perpanjangan kesepakatan perdagangan biji-bijian lintas Laut Hitam untuk dua bulan lagi. Ini sangat penting untuk kelangsungan rantai pasok gandum dunia," kata Jokowi.

Selain itu, pertemuan juga membahas bantuan kemanusiaan. Indonesia telah berkomitmen untuk berkontribusi dalam renovasi salah satu rumah sakit di Ukraina.

“Pemerintah Indonesia terus berkoordinasi dengan Bank Dunia dan Kementerian Kesehatan Ukraina untuk membahas (rencana) ini,” tambah Presiden.

Dalam pertemuan bilateral dengan Zelenksyy, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Tidak ada komentar

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.