Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping. (dok: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Beijing, POKROL.com - Presiden China Xi Jinping dijadwalkan mengadakan pembicaraan formal dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di sela-sela KTT G20 di Bali akhir bulan ini.

Ini akan menjadi pertemuan kedua antara kedua presiden setelah kunjungan Presiden Joko Widodo ke China pada Juli tahun ini, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (MFA) China Zhao Lijian di Beijing, Jumat 11 November 2022.

Menurut dia, China dan Indonesia sebagai sesama negara berkembang memiliki kepentingan yang besar dan luas untuk dikerjasamakan. 

Di bawah arahan strategis kedua presiden, China dan Indonesia semakin memperkuat pola baru dalam hubungan bilateralnya, digerakkan oleh kerja sama di bidang politik, ekonomi, budaya, dan maritim, katanya.

Kerja sama China-Indonesia telah menjadi contoh bagi negara berkembang lainnya, tambahnya.

China berharap dapat melanjutkan kerjasamanya dengan Indonesia dalam meningkatkan rasa saling percaya dan melaksanakan proyek-proyek pembangunan berkualitas dalam kerangka skema Belt and Road, ujarnya.

Lijian menekankan bahwa China mendukung Presidensi G20 Indonesia yang bertemakan “Pulihkan Bersama, Pulih Lebih Kuat.”

China berharap semua pihak akan bekerja untuk membangun konsensus dan mendorong kerja sama untuk mendorong pemulihan ekonomi global dan mengimplementasikan Agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan, ungkapnya.

Xi dijadwalkan akan berada di Bali dari 14-17 November 2022, untuk menghadiri KTT G20.

Dari Bali, dia akan melanjutkan perjalanan ke Bangkok untuk menghadiri KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada 17-19 November.

Kunjungan Xi ke Indonesia merupakan kunjungan pertama setelah Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis China (PKC) di Beijing Oktober lalu.

Presiden Tiongkok terakhir melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 2013. (Ant)

Pokrol

Pokrol

POKROL.com

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.