Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (dok: Kemenparekraf)

Jakarta, POKROL.com - Yogyakarta terpilih sebagai tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 mengingat kesiapan kota tersebut dari segi infrastruktur MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions) untuk pertemuan tingkat menteri.

"Saya juga memilih Yogyakarta (sebagai lokasi). Saya sangat senang dengan Yogyakarta, dan ini sangat dirindukan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Jakarta, Jumat 11 November 2022.

Yogyakarta dipersiapkan untuk ATF 2023 dalam hal sumber daya manusia, akomodasi, tempat pameran berskala besar, atraksi wisata yang sangat otentik, masakan unik, dan destinasi alam.

Indonesia akan menjadi tuan rumah forum bertema “ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations” pada 2–5 Februari 2023 di Yogyakarta.

Beberapa persiapan telah dilakukan, di antaranya pembukaan penerbangan langsung dari dan menuju Yogyakarta.

“Saat saya mendarat di sana (Bandara Internasional Yogyakarta), seperti bandara internasional kelas dunia, kami berharap akan lebih banyak penerbangan langsung untuk mendukung keberhasilan ATF 2023,” ungkap Sandiaga.

Persiapan forum dilakukan dengan bantuan industri dan pemerintah daerah, misalnya Pemprov DIY telah berkomitmen untuk merenovasi Jogja Expo Center.

Renovasi yang ditargetkan selesai Desember 2022 ini dilakukan untuk acara Travel Exchange (TRAVEX).

Yogyakarta juga menyiapkan SDM yang akan menjabat sebagai Liaison Officer (LO) pejabat senior.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Yogyakarta, Yang Mulia Putri Bendara, berharap ATF 2023 menjadi pintu gerbang Yogyakarta menjadi destinasi unggulan di kawasan Asia Tenggara.

“Kesiapan ATF sudah lebih dari 70 persen, Yogyakarta sangat siap (dari segi) lokasi MICE, dan ATF ini merupakan pintu gerbang program kita di tahun 2025, yaitu menjadi salah satu destinasi unggulan di Asia Tenggara,” ujarnya. (Ant)

Pokrol

Pokrol

POKROL.com

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.