Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada atlet angkat besi Indonesia Windy Cantika Aisah
Lifter Indonesia Windy Cantika Aisah saat tampil di Olimpiade Tokyo, 24 Juli 2021. (REUTERS/Edgard Garrido)

Jakarta (POKROL) - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada atlet angkat besi Indonesia Windy Cantika Aisah yang berhasil meraih medali pertama untuk tim Merah Putih di Olimpiade Tokyo.

“Dari tanah air, saya ingin mengucapkan selamat (Windy Cantika Aisah),” tulis Jokowi di akun Instagram miliknya @jokowi, Sabtu.

Aisah, yang berlaga di kelas 49 kg, mengantongi medali perunggu setelah mencatat total angkat 194 kg, dengan 84 kg dalam angkatan merebut dan 110 kg dalam clean and jerk, menurut catatan resmi Olimpiade.

“Kabar baik datang dari Tokyo. Hari ini, atlet angkat besi putri Indonesia, Windy Cantika Aisah mempersembahkan medali pertama di Olimpiade Tokyo dengan meraih medali perunggu di kelas 49 kg,” tulis Widodo dalam postingannya.

Aisah adalah yang pertama dari tim Merah Putih yang meraih medali saat berlaga di Tokyo International Forum.

Lifter China Hou Zhihui merebut medali emas dengan total angkatan 210 kg (94 kg di angkatan merebut dan 116 kg di bersih dan brengsek).

Sementara itu, lifter India Chanu Mirabai mengamankan medali perak setelah mencatatkan total angkatan 202 kg, dengan 87 kg di angkatan merebut dan 115 kg di clean and jerk.

Dalam debutnya di Olimpiade Tokyo 2020, Aisah gagal dalam upaya pertamanya mengangkat 84 kg dalam merebut. Dia mampu mengangkat 84 kg barbel dalam upaya keduanya.

Sayangnya, ia gagal lagi saat mencoba menambah daya angkat menjadi 87 kg pada upaya ketiga.

Tapi, dia berhasil mengangkat clean and jerk dalam tiga peluang.

Atlet berusia 19 tahun itu dengan mudah mengangkat 103 kg, 108 kg, dan 110 kg untuk mengamankan medali perunggu bagi Indonesia. (Ant)

Pokrol

Pokrol

Pokrol Indonesia

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.