Pemerintah Indonesia sebagai wujud solidaritas dan dukungan telah mendonasikan 1.400 oksigen konsentrator ke India untuk membantu negara Asia Selatan
Indonesia telah menyumbangkan 1.400 konsentrator oksigen ke India sebagai bentuk solidaritas dan dukungan untuk membantu negara menangani lonjakan kasus COVID-19.

POKROL, Jakarta - Pemerintah Indonesia sebagai wujud solidaritas dan dukungan telah mendonasikan 1.400 oksigen konsentrator ke India untuk membantu negara Asia Selatan itu mengatasi lonjakan masif kasus COVID-19.

Penyerahan oksigen konsentrator tersebut kepada pemerintah India melalui Palang Merah India di Pelabuhan Nhava Sheva pada Selasa (8 Juni 2021), demikian keterangan tertulis yang dikeluarkan KJRI Mumbai, Rabu.

Konjen Indonesia yang berbasis di Mumbai Agus P. Saptono menerima konsentrator oksigen di pelabuhan dan menyerahkannya kepada India Red Cross Society (IRCS) untuk didistribusikan lebih lanjut.

Dengan sumbangan terakhir konsentrator muatan lima kontainer, jumlah konsentrator oksigen yang diberikan Indonesia ke India sejak 12 Mei tahun ini mencapai tiga ribu.

Indonesia berencana mengirim dua ribu konsentrator oksigen lagi ke India, yang dijadwalkan mencapai pelabuhan pada akhir Juni tahun ini.

Bantuan tersebut mencerminkan semangat kebersamaan kedua negara dalam menghadapi pandemi dan bertujuan untuk membantu India melewati masa sulit yang disebabkan oleh lonjakan kasus COVID-19, kata Saptono.

Pandemi merupakan masalah bersama yang dihadapi semua negara, sehingga perlu membangun kolaborasi yang kuat untuk menyelesaikannya, tambahnya.

Sementara itu, Petugas Paspor Daerah (Maharashtra) IRCS yang mewakili Kementerian Luar Negeri India menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Indonesia atas bantuan yang menurutnya sangat berguna untuk menangani pandemi COVID-19 di India.

Indonesia dan India memiliki kerjasama yang baik dan saling mendukung, kata Saptono seraya menambahkan, kerjasama tersebut telah berlangsung lebih dari 70 tahun, dan India merupakan salah satu mitra strategis Indonesia.

“Dengan bantuan dari Indonesia, kami berharap kerja sama kedua negara semakin kuat di masa mendatang, khususnya dalam menghadapi pandemi COVID-19,” ujarnya.(Ant)

Pokrol

Pokrol

Pokrol Indonesia

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.