Page Nav

HIDE

Post Snippets

FALSE
HIDE_BLOG
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Korea Utara unjuk kekuatan parade militer rudal balistik kapal selam

Peralatan militer terlihat selama parade militer untuk memperingati Kongres ke-8 Partai Buruh di Pyongyang, Korea Utara 14 Januari 2021 dala...

Peralatan militer terlihat selama parade militer untuk memperingati Kongres ke-8 Partai Buruh di Pyongyang, Korea Utara 14 Januari 2021 dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA). (KCNA via REUTERS)

POKROL - Seoul, Korea Utara unjuk kekuatan melalui apa yang tampak seperti rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM) pada parade pada Kamis (14/1/2021) malam, media pemerintah melaporkan, menutup lebih dari seminggu pertemuan politik dengan unjuk kekuatan militer.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un melambai saat upacara Kongres Partai Buruh ke-8 di Pyongyang, Korea Utara 14 Januari 2021 dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA). (KCNA via REUTERS)

Dibalut mantel kulit dan topi bulu, pemimpin Kim Jong Un tersenyum dan melambai saat dia mengawasi pawai di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang, foto-foto oleh media pemerintah menunjukkan.

Parade tersebut menampilkan barisan tentara yang berbaris, serta berbagai perangkat keras militer termasuk tank dan peluncur roket.

Pasukan berbaris selama parade militer untuk memperingati Kongres ke-8 Partai Buruh di Pyongyang, Korea Utara 14 Januari 2021 foto ini dirilis oleh Kantor Berita Pusat (KCNA) Korea Utara. (KCNA via REUTERS)

Pada akhirnya, sejumlah dari apa yang dikatakan para analis tampaknya merupakan varian baru dari rudal balistik jarak pendek dan SLBM meluncur ke alun-alun dengan truk.

Peralatan militer terlihat selama parade militer untuk memperingati Kongres ke-8 Partai Buruh di Pyongyang, Korea Utara 14 Januari 2021 dalam foto ini dirilis oleh Kantor Berita Pusat (KCNA) Korea Utara. (KCNA via REUTERS)

"Senjata paling kuat di dunia, rudal balistik peluncuran kapal selam, memasuki alun-alun satu demi satu, dengan kuat menunjukkan kekuatan angkatan bersenjata revolusioner," lapor kantor berita KCNA.

Korea Utara telah melakukan uji coba beberapa SLBM dari bawah air, dan para analis mengatakan sedang berusaha mengembangkan kapal selam operasional untuk membawa rudal.

Foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah menunjukkan SLBM diberi label Pukguksong-5, berpotensi menandai peningkatan atas Pukguksong-4 yang diresmikan pada parade militer yang lebih besar pada bulan Oktober.

Kembang api meledak di atas Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang, Korea Utara 14 Januari 2021 untuk merayakan Kongres ke-8 Partai Buruh dalam foto ini yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA). (KCNA via REUTERS)

"Rudal baru pasti terlihat lebih panjang," kata Michael Duitsman, seorang peneliti di James Martin Center for Nonproliferation Studies (CNS) yang berbasis di California, di Twitter.

Tidak seperti parade Oktober itu, acara hari Kamis tidak menampilkan rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesar Korea Utara, yang diyakini dapat mengirimkan hulu ledak nuklir ke mana pun di Amerika Serikat.

Pawai itu sendiri tidak dimaksudkan sebagai provokasi tetapi merupakan tanda mengkhawatirkan dari prioritas Pyongyang, kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul.

“Perekonomian sangat tegang dari pandemi penutupan perbatasan, salah urus kebijakan dan sanksi internasional,” katanya. "Meskipun atau mungkin karena ini, Kim Jong Un merasa perlu untuk mengabdikan sumber daya yang langka untuk tampilan politik-militer lainnya."

Pada hari Rabu, Kim Yo Jong, saudara perempuan Kim Jong Un dan anggota Komite Sentral partai yang berkuasa, mengkritik militer Korea Selatan karena mengatakan telah mendeteksi tanda-tanda parade di Pyongyang pada hari Minggu.

Para pejabat Korea Utara telah bertemu di Pyongyang untuk kongres partai pertama sejak 2016. (Rts)

Tidak ada komentar

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.