Page Nav

HIDE

Post Snippets

FALSE
HIDE_BLOG
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Luas Kawasan Konservasi Laut Maritim Indonesia Mencapai 23,91 Juta Hektar

Ikan Manta berada di antara terumbu karang di Kepulauan Komodo POKROL - Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), kawasan konservas...

Ikan Manta berada di antara terumbu karang di Kepulauan Komodo

POKROL - Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), kawasan konservasi maritim Indonesia mencapai 23,91 juta hektar di 201 kawasan.

“Dalam upaya mencapai target 23,8 juta hektar kawasan konservasi laut pada tahun 2020, KKP telah menetapkan lima Kawasan Konservasi Laut di Kalbar dengan luas total 644.674 hektar,” Plt. Direktur Jenderal Tata Ruang Laut Kementerian Tb Haeru Rahayu mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, 20 Desember 2020.

Kawasan konservasi laut diharapkan menjadi instrumen kunci dalam pengelolaan sumberdaya perikanan dan berdampak positif bagi ekosistem serta kehidupan masyarakat pesisir, ujarnya.

Lima kawasan baru kawasan konservasi laut (KKPD) tersebut adalah kawasan konservasi Kubu Raya dan Kayong Utara, KKPD Pulau Randayan, KKPD Kubu Raya, KKPD Kendawangan, dan KKPD Paloh.

Kewenangan pengelolaan lima kawasan konservasi tersebut akan dipegang oleh Gubernur Kalimantan Barat.

Kepala Badan Pengelola Sumber Daya Laut dan Pesisir Daerah (BPSPL) Kota Pontianak Getreda M Hehanussa mengatakan, pihaknya pada 2019 bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar dalam perencanaan zonasi dan pengelolaan kawasan konservasi laut.

Menurut Hehanussa, elemen terpenting dalam zonasi dan perencanaan pengelolaan adalah identifikasi dan penetapan target konservasi.

Pembentukan Kawasan Konservasi Bahari, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil di Kalimantan Barat diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan kawasan untuk mencapai tujuan konservasi yang meliputi perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan untuk kesejahteraan masyarakat di Kalbar serta kelestarian laut dan laut. sumber daya perikanan, "kata Hehanussa.

Indonesia menargetkan dapat membangun 32,5 juta hektar kawasan konservasi laut pada tahun 2030 atau sekitar 10 persen dari total wilayah laut negara.

Hehanussa mengatakan, dari total 201 kawasan, 88 di antaranya sudah disetujui oleh kementerian sementara 113 lainnya dicadangkan sebagai kawasan konservasi. (Ant)

Tidak ada komentar

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.