Page Nav

HIDE

Post Snippets

FALSE
HIDE_BLOG
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Indonesia Dukung Keanggotaan penuh Palestina di PBB dalam KTT GNB

  Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury di KTT ke-19 Gerakan Non Blok (GNB) di di Kampala, ibu kota Uganda, pada Sabtu 20/1/2024....

 

Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury di KTT ke-19 Gerakan Non Blok (GNB) di di Kampala, ibu kota Uganda, pada Sabtu 20/1/2024. (Ant)

POKROL, Jakarta - Pemerintah Indonesia menyampaikan dukungan penuh terhadap keanggotaan penuh negara Palestina di PBB pada Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non-Blok (GNB) ke-19 dengan tema “Deepening Cooperation for Shared Global Affluence”, di Kampala, ibu kota Uganda, pada Sabtu 20/1/2024.

Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury menyampaikan pernyataan dukungan Indonesia itu terhadap keanggotaan penuh Palestina di PBB pada KTT GNB dengan menggarisbawahi pentingnya semangat Konferensi Asia Afrika.

Dalam Konferensi Bandung tahun 1955 yang menjadi landasan GNB menyoroti pentingnya perjuangan kolektif negara-negara berkembang untuk kebebasan, keadilan, kesetaraan, dan pembangunan, kata Pahala.

Oleh karena itu menurutnya, semangat Bandung harus selalu dijunjung tinggi sebagai inspirasi para anggota GNB dalam menghadapi tantangan global, khususnya bagaimana mewujudkan Palestina yang merdeka dan menjaga kepentingan negara-negara berkembang.

Pahala meyatakan, seperti dikutip keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI, Minggu, mengatakan pada KTT Kampala, Indonesia menyerukan persatuan seluruh anggota GNB untuk mendorong gencatan senjata dan proses perdamaian di Gaza.

Ia mengatakan, Indonesia juga mengimbau para anggota GNB untuk memperjuangkan keanggotaan penuh PBB di Palestina, seraya menambahkan bahwa lima anggota GNB saat ini menyandang status keanggotaan tidak tetap di Dewan Keamanan PBB.

Oleh karena itu, katanya, mereka diharapkan dapat menyuarakan sikap kolektif GNB terhadap perjuangan Palestina.

Di sela-sela KTT GNB di Kampala, Pahala juga bertemu dengan para menteri luar negeri Palestina dan Afrika Selatan untuk membahas permasalahan Palestina, demikian keterangan pers Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Pada KTT GNB, Pahala juga bertemu dengan Menlu Palestina dan Afrika Selatan. Pahala menekankan bahwa Indonesia mendukung terhadap perjuangan rakyat Palestina agar mendapatkan kemerdekaan dan solusi jangka panjang.

Selain itu, Indonesia melalui Pahala menyatakan mendukung gugatan Afrika Selatan terhadap Israel di International Court Of Justice (ICJ) atau Mahkamah Internasional.

Dalam pertemuan tersebut, ia menegaskan kembali konsistensi dukungan Indonesia terhadap perjuangan kemerdekaan Rakyat Palestina dan menyuarakan dukungan Jakarta terhadap pengajuan kasus Afrika Selatan terhadap Israel ICJ.

Konflik bersenjata baru meletus antara Israel dan Palestina menyusul serangan mendadak Hamas terhadap Israel dini hari tanggal 7 Oktober 2023.

Sejak itu, pasukan pendudukan Israel terus melakukan pemboman, dan operasi darat di Gaza telah menyebabkan kematian lebih dari 24 ribu warga sipil Palestina, banyak di antaranya adalah perempuan dan anak-anak.

Diselenggarakan oleh Uganda, yang mengambil alih kepemimpinan GNB dari Azerbaijan untuk masa jabatan 2024-2027, KTT Kampala diadakan pada tanggal 15-20 Januari dengan mengangkat tema “Memperdalam Kerjasama untuk Kemakmuran Global Bersama”.

KTT GNB ke-19 yang diikuti oleh perwakilan 120 negara anggota GNB dan pengamat dari beberapa negara serta organisasi internasional telah menyepakati empat dokumen.

Berdasarkan keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI, salah satu dokumennya adalah deklarasi politik GNB yang mendorong perdamaian di Palestina.


Temukan berita dan konten POKROL lainnya di Google News.

Tidak ada komentar

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.