Seleksi Badan Ad Hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui laman resmi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

POKROL.com, Jakarta - Kabar baik bagi Anda yang sedang mencari lowongan pekerjaan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. 

KPU membuka rekrutmen anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu serentak tahun 2024. 

Pendaftaran calon anggota PPK berlangsung pada 20 November 2022 hingga 29 November 2022. Sedangkan pendaftaran PPS akan dibuka pada 18 Desember 2022 hingga 27 Desember 2022.  

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia KPU RI Parsadaan Harahap mengatakan bahwa jumlah anggota PPK yang akan direkrut mencapai 36.330 untuk 7.266 kecamatan se-Indonesia.

Sementara itu, jumlah anggota PPS yang akan direkrut mencapai 251.295 orang untuk 83.765 desa/kelurahan se-Indonesia. Berikut informasi persyaratan dan cara mendaftar menjadi calon anggota PPK dan PPS sebagaimana dikutip dari laman resmi KPU. 


Persyaratan anggota PPK dan PPS 

  1. Warga Negara Indonesia 
  2. berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun untuk PPK dan PPS 
  3. setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tungga Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945 
  4. mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil 
  5. tidak menjadi anggota Partai Politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau paling singkat 5 (lima) tahun 
  6. tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan 
  7. mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika 
  8. berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat 
  9. tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih


Cara daftar rekrutmen PPK dan PPS 

Pendaftaran PPK maupun PPS kali ini dilakukan melalui laman resmi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) melalui laman resmi KPU: https://siakba.kpu.go.id

SIAKBA diluncurkan secara resmi pada 20 Oktober 2022.

Untuk bisa mendaftar sebagai anggota PPK dan PPS, masyarakat harus memiliki akun SIAKBA. Pelamar kemudian harus menyiapkan berkas pendaftaran PPK dan PPS Pemilu 2024. 

Berikut sejumlah dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar PPK dan PPS: 

  1. Surat pendaftaran sebagai calon anggota PPK dan PPS 
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik
  3. Fotokopi ijazah sekolah menengah atas/sederajat atau ijazah terakhir 
  4. Surat pernyataan untuk pemenuhan persyaratan 
  5. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani untuk persyaratan huruf g yang dikeluarkan oleh puskesmas, rumah sakit, atau klinik yang termasuk di dalamnya terdapat pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol 
  6. Daftar Riwayat Hidup 
  7. Pas Foto Berwarna 4x6

Kelengkapan dokumen dapat disampaikan kepada KPU/KIP Kabupaten/Kota melalui pengunggahan secara mandiri di situs Siakba. 


Gaji PPK dan PPS 

Gaji PPK per bulan yang akan didapatkan yakni sebagai berikut: 

  • Ketua PPK: Rp 2.500.000/Bulan
  • Anggota PPK: Rp 2.200.000/Bulan 

Adapun masa kerja PPK adalah 4 Januari 2023 sampai dengan 4 April 2024. Sedangkan gaji PPS per bulan yang akan didapat yakni sebagai berikut: 

  • Ketua PPS: Rp 1.500.000/Bulan 
  • Anggota PPS: Rp 1.300.000/Bulan 

Masa kerja PPS adalah mulai 17 Januari 2023 sampai dengan 4 April 2024.

Info lebih lanjut dapat menghubungi email helpdesk.siakba@kpu.go.id atau 0812 5650 005 (pesan saja) pada jam kerja. Hanya pelamar terbaik yang akan diproses untuk mengikuti seleksi. Seluruh tahapan seleksi ini tidak dipungut biaya. (kpu-02)

Pokrol

Pokrol

POKROL.com

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.