POKROL Otoritas PT Taman Wisata (TWC) Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko mengatakan uji coba pembukaan kembali taman wisata Borobudur

 

Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah Indonesia.

Jakarta (POKROL) - Otoritas PT Taman Wisata (TWC) Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko mengatakan uji coba pembukaan kembali taman wisata Borobudur dan Candi Prambanan dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi berjalan lancar.

General Manager Unit Prambanan, Putro Lelono, mengatakan penerapan aplikasi PeduliLindungi di daerah tersebut tidak mengalami kendala serius.

"Koneksi jaringan baik selama proses scan barcode. Tidak ada gangguan jaringan di kawasan Prambanan yang menghambat arus wisatawan," kata Lelono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa 21 September 2021.

Namun, beberapa masalah dilaporkan di daerah itu, tambahnya. Yang pertama melibatkan turis yang tidak membawa ponsel, atau kehabisan data internet, atau membawa anak-anak di bawah 12 tahun, jelasnya. Aspek-aspek tersebut mempersulit pelaksanaan PeduliLindungi di kawasan pura, katanya.

Sementara itu, Plt. General Manager unit Borobudur dan Manohara, Jamaludin Mawardi mengatakan, selama masa uji coba, pengunjung akan menjalani beberapa tahapan pemeriksaan. Saat memasuki gerbang, mereka akan diperiksa oleh petugas keamanan untuk status vaksinasi mereka, katanya.

“Selain itu, anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak boleh masuk ke dalam area pura karena belum divaksinasi,” tambah Mawardi.

Salah satu wisatawan, Aini, mengatakan tidak ada masalah berarti saat memindai barcode QR PeduliLindungi di kawasan Prambanan.

“Aplikasinya sudah kami siapkan. Petugas di Prambanan juga membantu proses dengan ramah. Jadi, semuanya berjalan lancar,” tambahnya.

Wisatawan lainnya, Dewi, mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di kawasan pura. Protokol kesehatan menjamin kenyamanan dan keamanan wisatawan, katanya.

Petugas melakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. Mereka melakukan pekerjaan dengan baik, komentarnya.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke TWC Prambanan pada 19-20 September 2021 tercatat sebanyak 643 orang. Sedangkan jumlah pengunjung di TWC Borobudur tercatat sebanyak 1.268 orang. Sementara itu, jumlah maksimum pengunjung di kawasan tersebut dibatasi empat ribu wisatawan per hari. (Ant)

Pokrol

Pokrol

Pokrol Indonesia

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.