POKROL Pemerintah Korea Selatan sumbangkan 350 oksigen konsentrator dan 35 ventilator membantu Indonesia dalam mengatasi lonjakan COVID-19
r to  Indonesia  Park Tae-Sung  during a discussion held virtually by Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), on Friday (4/12/2020). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

POKROL, Jakarta - Pemerintah Korea Selatan sumbangkan 350 oksigen konsentrator dan 35 ventilator untuk membantu Indonesia dalam mengatasi lonjakan eksponensial kasus COVID-19.

“Tidak ada satu negara pun yang mampu mengatasi pandemi COVID-19 sendirian,” kata Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-Sung dalam keterangan tertulis yang dirilis pada Minggu (18 Juli 2021).

Sebanyak 200 dari 350 oksigen konsentrator tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (18 Juli). Sisa 150 oksigen konsentrator akan tiba di Indonesia dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Park Tae-Sung mengatakan pandemi COVID-19 harus dihadapi dengan solidaritas dan kerja sama internasional.

Sebagai mitra strategis khusus Indonesia, Korea Selatan akan selalu bekerja sama dengan Indonesia dalam memerangi COVID-19, katanya.

Ia berharap bantuan Korsel dapat membantu mengamankan pasokan oksigen konsentrator di Indonesia.

Korea Selatan akan terus bekerja sama dengan Indonesia dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia termasuk memberikan bantuan kemanusiaan lainnya, katanya.

Tahun ini, Korea Selatan mengucurkan dana US$4 juta atau Rp57 miliar untuk membantu Indonesia sebagai wujud kerja sama peningkatan kapasitas penanganan pandemi COVID-19.

Selain Korea Selatan, beberapa negara lain, antara lain Australia, Singapura, Amerika Serikat, Belanda, Jepang, Inggris, Uni Emirat Arab (UEA), India, dan China juga telah menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk menangani ledakan COVID-19 kasus.

Dengan Indonesia mencatat peningkatan eksponensial dalam kasus COVID-19, beberapa negara telah turun tangan untuk menyediakan vaksin dan peralatan medis untuk membantu bangsa melawan lonjakan infeksi terbaru.

Lima belas hari sejak pemberlakuan pembatasan pergerakan publik, kasus COVID-19 di Indonesia terus meledak, dengan negara itu menambahkan 51.952 kasus harian pada hari Sabtu, sehingga jumlahnya menjadi 2.832.755.

Dengan 1.092 orang meninggal karena virus dalam satu hari, jumlah kematian naik menjadi 72.489. Sementara itu, jumlah pemulihan harian mencapai 27.903, sehingga total menjadi 2.232.394. (Ant)

Pokrol

Pokrol

Pokrol Indonesia

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.