Presiden Joko Widodo menunjuk enam nama baru anggota Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka Jakarta.

POKROL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk enam tokoh sebagai menteri baru Kabinet Indonesia Maju, hal ini diumumkan melalui saluran virtual dari Istana Merdeka di Jakarta, Selasa 22 Desember 2020.

Presiden Jokowi resmi mencopot sejumlah menteri dan menunjuk beberapa nama baru untuk membantunya menjalankan roda pemerintahan di periode kedua.

“Hari ini saya dan wakil presiden ingin mengumumkan menteri baru yang akan menduduki jabatannya di kabinet Indonesia Maju, dan saya akan perkenalkan masing-masing,” kata Presiden Jokowi.

Presiden memanggil para menteri baru yang mengenakan kemeja putih dan jaket biru satu persatu untuk berdiri, kemudian memperkenalkan menteri barunya kepada awak media.

"Yang pertama Tri Rismaharini, karena saya kira kita semua tahu bahwa dia saat ini adalah Wali Kota Surabaya dan saya menugaskan dia menjadi Menteri Sosial," kata Jokowi.

Jokowi memperkenalkan Sandiaga Uno, seorang pengusaha yang merangkap mantan wakil gubernur, kepada Anies Baswedan di Jakarta untuk mengisi posisinya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Presiden kemudian menunjuk Budi Gunawan Sadikin, wakil menteri saat ini Erick Thohir di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merangkap dirut Bank Mandiri serta dirut PT. Indonesia Asahan Aluminium, selaku Menteri Kesehatan.

Keempat, Yaqut Cholil Qoumas. Dia tokoh Muslim, ketua GP Ansor - gerakan pemuda di bawah Nahdlatul Ulama (NU), salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia, menjadi menteri agama, "Jokowi dinyatakan.

Kelima Sakti Wahyu Trenggono, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan, sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Yang terakhir M. Luthfi yang pernah menjadi Menteri Perdagangan sekaligus Duta Besar RI untuk Jepang dan Amerika Serikat. Sekarang saya tugaskan dia untuk memimpin Kementerian Perdagangan, " ungkap Presiden.

Pelantikan resmi keenam menteri baru akan dilakukan besok, Rabu (23 Desember 2020).


Presiden melantik enam menteri dan lima wakil menteri 

Presiden Joko Widodo melantik enam menteri dan lima wakil menteri Kabinet Maju Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Rabu 23 Desember 2020.

Mereka dilantik sebagai menteri berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 133/P/2020 tanggal 23 Desember 2020, tentang penggantian beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2014-2024.

Kelima wakil menteri tersebut adalah Muhammad Herindra sebagai wakil menteri pertahanan; Edward Omar Syarif Hiarie sebagai wakil menteri hukum dan hak asasi manusia; Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan; Harvick Hasnul Qolbi sebagai wakil menteri pertanian; dan Pahala Nugraha Mansyur sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Mereka diangkat sebagai wakil menteri berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 76 / M / 2020 tanggal 23 Desember 2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri / Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga hadir dalam acara pelantikan tersebut. (Ant)

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.