Page Nav

HIDE

Post Snippets

FALSE
HIDE_BLOG
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Indonesia Mendapat Pengiriman Pertama Vaksin Sinovac Dari China

  Vaksin Sinovac Covid-19 dosis 1,2 juta tiba di Jakarta pada 6 Desember. Sumber: Istana Kepresidenan / AFP POKROL - Gelombang pertama vaks...

 

Vaksin Sinovac Covid-19 dosis 1,2 juta tiba di Jakarta pada 6 Desember 2020
Vaksin Sinovac Covid-19 dosis 1,2 juta tiba di Jakarta pada 6 Desember. Sumber: Istana Kepresidenan / AFP

POKROL - Gelombang pertama vaksin Covid-19 yang dipesan dari China Sinovac Biotech Ltd. telah tiba di Indonesia, menandai fase baru dalam perjuangan negara Indonesia melawan wabah terparah di Asia Tenggara.

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin tiba pada Minggu malam dan pemerintah berharap dapat menerima pengiriman lagi sebanyak 1,8 juta pada awal Januari, menurut Presiden Indonesia Joko Widodo. Sinovac juga akan mengirimkan bahan baku untuk 45 juta dosis, yang akan diproses oleh perusahaan farmasi negara Indonesia PT Bio Farma secara lokal, kata Widodo dalam sebuah pernyataan.

Selain Sinovac, pemerintah memiliki pesanan dengan setidaknya tiga pemasok vaksin lainnya, termasuk AstraZeneca Plc, yang suntikannya sedang dalam uji coba tahap akhir.

Indeks Harga Saham Gabungan menguat terbesar di Asia, melonjak 1,2% pada jam 9:50 pagi di Jakarta dipimpin oleh saham perbankan dan PT Astra International.

Indonesia memiliki jumlah kasus tertinggi di Asia Tenggara dengan lebih dari setengah juta, dan lebih dari 17.000 orang meninggal karena penyakit tersebut. Pemerintah menargetkan untuk memberikan vaksinasi gratis bagi sebanyak 120 juta orang Indonesia dengan biaya setara dengan 0,5% hingga 1% dari produk domestik bruto hingga 2022, kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bulan lalu.

Mereka yang berada di garis depan pandemi, termasuk petugas kesehatan, polisi, militer dan pegawai negeri, akan menerima 3 juta dosis pertama bulan ini. Setelah itu, pemerintah akan memprioritaskan mereka yang berusia 18 hingga 59 tahun tanpa penyakit penyerta, yang secara keseluruhan membutuhkan 246 juta suntikan.

Kedatangan vaksin Sinovac menggarisbawahi tantangan unik yang dihadapi oleh Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, dalam meluncurkan suntikan kepada populasi yang tersebar di sekitar 6.000 pulau. Dosis tersebut tiba di Jakarta pada Minggu tengah malam dan harus diangkut dengan truk berpendingin selama tiga jam perjalanan ke kota Bandung, hanya 150 kilometer (93 mil) jauhnya. Perjalanan tersebut kemungkinan akan memakan waktu lebih lama dan lebih kompleks untuk wilayah di luar pulau Jawa, yang memiliki infrastruktur paling kuat.


Tidak ada komentar

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.