Pada pereode Madinah, Nabi berperan sebagai pemimpin Agama dan kepala Pemerintahan. Peran kepala agama telah beliau sandang sejak diangkat menjadi Ras


Judul : Sejarah Peradaban Islam

Penulis : Ratu Suntiah & Maslani

Penerbit : Rosda Karya

Cetakan : 1. 2017

Tebal : 321 Halaman

ISBN : 978-602-446-180-5

Peresensi : Ahmad Wiyono (Peneliti di Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan)

Jika saat ini kita sudah mengenal Islam sebagai sebuah agama yang dianut oleh jutaan manusia di belahan dunia, tentu kita perlu tahu bagaimana sejarah perjuangan dan perkembangan islam dari masa ke masa. Ini penting agar pengetahuan historis tersebut setidaknya bisa menjadi spirit bagi keutuhan beragama dan berislam kita di masa-masa yang akan datang.

Kebesaran islam saat ini sudah pasti tidak datang begitu saja, pasti ada berjuta-juta proses yang telah dilakuan oleh para pejuang Islam di masa lalu. Tak hanya itu, ada banyak tokoh muslim yang dengan sepenuh hati mempejuangkan eksistensi agama islam dari masa ke masa. Oleh karena itu, sebagai penganut islam hari ini, sudah selayaknya kita membaca kembali bagaimana pereodesasi perjuangan islam di masa lampau.

Buku berjudul Sejarah Peradaban Islam karangan Ratu Suntiah dan Maslani ini mencoba membedah histori peradaban islam sepanjang zaman, mulai dari proses hadirnya islam yang kemudian kita kenal sebagai masa pra islam, masa perjuangan nabi, hingga pada masa modern seperti saat sekarang ini. Semua diulas berdasar fakta autentik yang didapatkan penulis dari kegiatan riset mendalam.

Berbicara islam tentu tidak bisa lepas dari perbincangan Negara arab, karena disanalah salah satu tempat penting lahirnya Islam di masa lalu. Buku ini mencoba mengurai kondisi arab mulai dari sisi kebudayaan, teologi dan sebagainya jauh sebelum islam masuk di tanah tersebut. Menariknya, kepercayaan bangsa arab kala itu sudah meyakini akan keberadaan Allah sebagai pencipta alam semesta, kendati islam belum masuk ke dalam kehidupan mereka.

Dalam hal kepercayaan (akidah), bangsa Arab pra islam percaya kepada Allah sebagai pencipta. Mereka sudah memahami keesaan Allah dan mengikuti Agama yang menuhankan Allah. Sebelum nabi Muhammad saw diutus, mereka sudah kerap kali kedatangan dakwah dari para nabi utusan Allah, yang menyampaikan agar menyembah kepada Tuhan Yang Maha Esa semata-mata, jangan sampai menyekutuan sesuatu dengan-Nya. (Hal. 31-32).

Sementara itu, pada pereode Nabi Muhammad, ada banyak perjuangan beliau yang dilakukan di sejumlah tempat, buku ini mengulas perjuangan peradaban islam masa Nabi Muhammad setidaknya pada dua sisi, yaitu peroede Mekkah dan pereode Madinah. Nah, dalam dua pereode ini nabi Muhammad berperan sebagai pemimpin Agama, hanya saja ketika pada pereode Madinah Rasulullah sekaligus berfungsi sebagai pemimpin Pemerintahan.

Pada pereode Madinah, Nabi berperan sebagai pemimpin Agama dan kepala Pemerintahan. Peran kepala agama telah beliau sandang sejak diangkat menjadi Rasul Allah ketika menerima wahyu yang pertama di gua Hira Mekkah. Adapun proses pengangkatan Nabi sebagai kepala Negara, diawali dari permintaan kesediaan oleh wakil suku-suku Aus dan Khazraj yang berjumlah 73 orang dalam Baiat aqabah II, yang pada akhirnya diaklamasikan kepada semua warga madinah bahwa dia (Nabi Muhammad) adalah Hakam mereka. (Hal. 53).

Selain pada masa Pra islam dan masa Nabi Muhammad, Pereodesasi peradaban islam yang diurai dalam buku tebitan Rosda karya ini juga meliputi Zaman khulafaur rasyidin, Dinasti Umayyah, Abbasiyah, Andalusia, hingga pada Islam di asia tenggara. Semua memliki histori yang menarik untuk kita cermati, setidaknya untuk memperdalam khazah keislamnan kita sebagai penganutnya. Buku ini berusaha memaparkan rangkaian peristiwa yang dialami Muslim sejak lahirnya Islam. (HB)

Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.