Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (tengah) menghadiri Peringatan 9 Tahun Lahirnya UU Desa, di Mercusuar Kota Ba'a, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (14/1/2023). ). (dok: Antara)

POKROL, Rote Ndao, NTT - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar memberikan bantuan alokasi khusus transportasi perdesaan senilai Rp10,9 miliar kepada Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bantuan tersebut diserahkannya kepada Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu pada peringatan HUT ke-9 terbitnya UU Desa di Mercusuar Kota Ba'a, di sini, Sabtu malam 14 Januari 2023.

Dalam sambutannya, menteri menyatakan bahwa bahkan sebelum Indonesia merdeka, telah ada 250 komunitas budaya di berbagai desa, di seluruh negeri, yang memiliki otonomi sendiri dalam mengelola penduduk, kelembagaan, dan sumber daya ekonomi lokal.

“Karena itulah desa menjadi ujung tombak penyelenggaraan urusan pemerintahan serta pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Desa adalah fondasi, akar, dan jangkar Indonesia," ujarnya.

Karena itu, untuk mengakui keistimewaan lembaga desa, pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, tambahnya.

“Sebagai undang-undang yang dirindukan seluruh masyarakat desa di seluruh penjuru tanah air, UU Desa yang dikeluarkan DPR bersama pemerintah mengandung berjuta harapan dan cita-cita bersama untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur,” lanjutnya.

Ia mengingatkan, sejak undang-undang tersebut diterbitkan, telah terjadi paradigma baru pembangunan Indonesia.

“Paradigma (baru) adalah membangun (negara) dimulai dari ‘serambi’ Indonesia, yaitu dari desa, daerah pinggiran, dan daerah perbatasan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, selain bantuan alokasi khusus, Iskandar menyalurkan bantuan alat kesehatan antropometri untuk 12 puskesmas dan lampu tenaga air garam untuk warga desa pesisir di Kabupaten Rote Ndao yang belum teraliri listrik.

Peringatan HUT ke-9 terbitnya UU Desa dipusatkan di Pelabuhan Ba'a, Kabupaten Rote Ndao.

Pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah serta festival rakyat juga digelar untuk memeriahkan acara tersebut. (Ant)

Pokrol

Pokrol

POKROL.com

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.