penyu sisik (Eretmochelys imbricata) masih hidup, sedangkan satu lainnya sudah mati
Penyu sisik hasil tangkapan Kepolisian Papua Barat.

 

POKROL - Sorong Papua Barat, Satuan Marinir Polda Papua Barat menangkap seorang warga atas kepemilikan dua ekor penyu langka yang diduga ditangkap oleh tersangka di kawasan konservasi lindung Suprau Tanjung Kausari di Kota Sorong.

Satu dari dua penyu sisik (Eretmochelys imbricata) masih hidup, sedangkan satu lainnya sudah mati, kata Kepala Bidang Penegakan Hukum Polda Papua Barat Kompol Syarifur Rahman dalam keterangan yang dikutip ANTARA di Jakarta, Senin.

Tersangka yang ditangkap hanya diidentifikasi dengan inisial sebagai WNF, katanya, seraya menambahkan bahwa penyidik ​​polisi terus menyelidiki kasus tersebut.

Untuk penanganan penyu sisik yang disita dengan baik, penyidik ​​polisi berkoordinasi dengan rekan-rekannya dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua Barat, Dinas Kelautan dan Pengelolaan Sumber Daya Pesisir Perikanan dan Kelautan Papua Barat, dan Yayasan Penyu Papua, ujarnya.

Kura-kura yang selamat menderita luka parah yang membutuhkan perawatan medis hewan, kata Rahman.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dianugerahi oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan ragam flora dan fauna yang beberapa di antaranya dikategorikan sebagai "spesies ikonik".

Menurut Indeks Kesehatan Laut, alat yang berharga untuk menilai kesehatan laut, spesies ikonik adalah "hewan atau tumbuhan yang penting bagi identitas budaya seperti yang ditunjukkan oleh keterlibatan mereka dalam kegiatan tradisional".

Indonesia adalah rumah bagi beberapa spesies ikonik, termasuk penyu. World Wildlife Fund (WWF) Indonesia juga melaporkan bahwa enam dari tujuh spesies penyu laut yang diakui para ilmuwan dapat ditemukan di negara tersebut.

Menurut situs resmi WWF Indonesia, empat dari enam spesies penyu - penyu hijau (Chelonia mydas), "belimbing" atau penyu belimbing (Dermochelys coriacea), "sisik" atau penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan "lekang "atau penyu ripley zaitun (Lepidochelys olivacea) - bertelur di beberapa wilayah pesisir negara itu.

Lebih lanjut WWF Indonesia mencatat bahwa perairan Indonesia juga merupakan jalur migrasi penyu yang paling krusial di persimpangan Samudera Pasifik dan Hindia.

Wilayah pesisir Kecamatan Abun di Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, dikenal sebagai tempat bertelur penyu belimbing terbesar di kawasan Pasifik.

Kepulauan Derawan di Provinsi Kalimantan Timur tercatat oleh WWF Indonesia sebagai tempat bertelur penyu hijau terbesar di Asia Tenggara.

Di Pulau Jawa, Pantai Trisik di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta juga dikenal sebagai tempat bertelur penyu hijau. (Ant)

Pokrol

Pokrol

Pokrol Indonesia

Post A Comment:

0 comments:

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.