China menuduh Amerika Serikat telah menyebarkan kebohongan dan teori konspirasi soal klaim Presiden Trump virus korona muncul dari laboratorium China
Ilustrasi Amerika Serikat versus Republik Rakyat China.


POKROL - China menuduh Amerika Serikat telah menyebarkan "kebohongan" dan "teori konspirasi" setelah pemerintahan Trump mengatakan memiliki informasi baru yang menunjukkan bahwa virus corona mungkin telah muncul dari laboratorium China.

"Lembar fakta" Departemen Luar Negeri AS tentang asal-usul virus yang dirilis Jumat "penuh dengan kesalahan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying pada jumpa pers reguler Senin di Beijing. Dia menolak klaim tersebut sebagai "kegilaan terakhir" dari Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo.

"Yang disebut lembar fakta adalah lembar kebohongan lain yang diproduksi oleh pihak AS," kata Hua. “Ini sepenuhnya menunjukkan bahwa beberapa politisi AS ingin sekali melanggar sains, mengangkat teori konspirasi, menyebarkan virus politik untuk keuntungan pribadi mereka, sambil tidak memperhatikan keamanan publik dan kehidupan masyarakat. Ini juga kegilaan terakhir Pompeo - Mr. Lies. ”

Hua mengatakan bahwa China bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia dan menyelidiki asal-usul patogen tersebut. Sebuah tim ahli WHO tiba di China minggu lalu dan saat ini berada di karantina.

Departemen Luar Negeri mengatakan memiliki bukti baru bahwa para peneliti di Institut Virologi Wuhan jatuh sakit pada musim gugur 2019 - sebelum kasus virus korona pertama yang teridentifikasi di kota Cina tengah - dengan gejala yang konsisten dengan Covid-19 atau gejala musiman yang umum. penyakit. Tuduhan tersebut menandai langkah terbaru oleh pemerintahan Trump yang akan keluar untuk menekan China tentang asal-usul virus, hanya beberapa hari sebelum Presiden terpilih Joe Biden menjabat.

Di mana narasi coronavirus pertama kali muncul dan bagaimana penularannya ke manusia masih menjadi misteri. Sebelum kelompok awal di antara pemilik kios di pasar makanan di Wuhan, jalan setapak sebagian besar menjadi dingin. Dan Beijing memiliki sedikit insentif untuk membantu menemukan asal sebenarnya dari keadaan darurat kesehatan masyarakat terbesar dalam satu abad.

China meningkatkan upaya untuk menyusun kembali narasi virus korona di tengah pengawasan yang meningkat atas asal-usulnya, dengan Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan awal bulan ini bahwa "semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa pandemi kemungkinan besar disebabkan oleh wabah terpisah di banyak tempat di dunia."

Diplomat China juga melontarkan teori tidak berdasar yang menghubungkan virus dengan atlet militer AS dan, setelah serentetan kasus di pelabuhan China dan pekerja penyimpanan dingin, media yang didukung negara mengklaim virus itu bisa masuk ke negara itu dengan makanan beku impor.

AS tidak mengatakan bagaimana memperoleh informasi baru tentang penyakit di lab. Departemen Luar Negeri mengatakan kurangnya transparansi Beijing tentang asal virus - bersama dengan upaya untuk menutupi kekurangan awal dalam menanggapi wabah - membuatnya sulit untuk menarik kesimpulan yang jelas.

“Virus tersebut dapat muncul secara alami dari kontak manusia dengan hewan yang terinfeksi, menyebar dalam pola yang konsisten dengan epidemi alami,” kata Departemen Luar Negeri. “Atau, kecelakaan laboratorium dapat menyerupai wabah alami jika paparan awal hanya melibatkan beberapa individu dan diperparah oleh infeksi tanpa gejala.” (Blb)

Post A Comment:

1 comments:

  1. And months into the outbreak, not only have these theories not faded away, but new, unverified claims have been promoted by government officials, senior politicians and media outlets in China and the US

    BalasHapus

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.